Apa itu Stroom Steer Listrik Prabayar (LPB) ?
Adalah
layanan terbaru dari PLN dengan berbagai kelebihan dalam mengatur penggunaan
energi listrik melalui meter elektronik prabayar. Inovasi termutakhir yang
berorientasi pada kenyamanan pelanggan ini merupakan wujud penghargaan kepada
Anda pelanggan PLN. Lewat Prabayar, Anda lebih leluasa dalam mengendalikan
pemakaian listrik, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dengan Stroom
Steer Listrik Prabayar, menggunakan listrik menjadi Lebih Nyaman dan Lebih
Terkendali.
Apakah KWH Meter lebih mahal dibanding Listrik Pasca Bayar /
Analog ?
Penghitungan
KWH Meter LPB sama saja dengan KWH Meter Analog karena telah melalui tahap
standarisasi Tera (tidak lebih mahal) dan harga Rp/kWh Listrik Prabayar sudah
diatur dalam TDL 2010 yang dikeluarkan oleh menteri ESDM No. : 07 Tahun 2010.
Yang akan menentukan hemat atau boros adalah 100 % perilaku pengunaan peralatan
listrik oleh pelanggan.
Serupa
dengan telepon, dengan Prabayar cenderung orang akan berhemat, sebaliknya
dengan Pascabayar cenderung orang lebih boros karena kurang terkendali.
Apa keuntungan LPB dibanding Analog ?
–
Pemakaian listrik lebih terkendali
–
Tanpa ada sanksi pemutusan
–
Tanpa dikenakan denda keterlambatan
–
Tanpa Uang Jaminan Pelanggan
–
Tanpa ada pencatatan meter
–
Privasi tidak terganggu
–
Tidak dikenakan biaya beban bulanan
–
Kemudahan pembelian Token / STROOM
–
Pembelian disesuaikan kemampuan.
–
Tidak ada batas masa aktif (aktif selama kWH masih tersisa).
Bagaimana Proses Pasang Baru Stroom Steer LPB ?
–
Calon pelanggan melakukan pendaftaran
–
Petugas PLN melakukan survey
–
Penerbitan surat persetujuan
–
Calon pelanggan menyampaikan Sertifikasi Laik Operasi (SLO).
–
Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan Stroom perdana
–
Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
(SPJBTL)
–
Petugas PLN melaksanakan penyambungan
Bagaimana proses Migrasi dari Pasca Bayar Analog ke Stroom Steer
LPB?
–
Pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi KTP dan denah lokasi
–
Penerbitan surat persetujuan
–
Membayar biaya Stroom perdana
–
Menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL)
–
Petugas PLN melaksanakan penggantian kWH meter
Bagaimana proses Tambah Daya Listrik Prabayar?
– Sama dengan proses Pasang Baru, kecuali SLO hanya diperlukan bila terjadi
perubahan instalasi dalam bangunan. MCB akan diganti. kWH meter akan disetting
ulang.
Berapa saja nilai voucher Stroom (Token) Isi Ulang yang ada ?
Mulai
dari Rp 50.000,- s/d Rp 1.000.000,- dengan kelipatan Rp. 50.000,-
Pembeli
Stroom mendapatkan struk berisi 20 digit angka untuk di input ke meteran.
Berapa KWH yang diperoleh untuk pembelian Rp 100.000,- ? (cek
attachment)
Bervariasi
sesuai golongan tarif Daya.
Untuk
R1 900VA, nominal Rp 100 ribu = 75 kWH
Apa saja komponen biaya yang ada dalam token stroom?
Stroom
(KWH), PPJ tergantung daerah masing – masing (utk Makassar
7 %) dan biaya Admin sebesar Rp. 2.500,-
Apakah ada tanda-tanda bila Stroom Akan habis?
Ada.
Berupa bunyi alarm (“bip bip”) setiap menit pada saat tersisa 5 kWh atau
diatasnya pada kWh meter.
Dimana & Kapan dapat membeli token stroom?
Saat ini : Pembelian Stroom dapat
dilakukan di Kantor Pelayanan PLN terdekat (Kantor Ranting/ Rayon).
Akan datang : Pembelian dapat
dilakukan juga di seluruh Bank/ATM yang bekerjasama dengan PLN (PPOB – Payment
Point Online Bank)
Bisakah pelanggan membeli Token Stroom di Kantor PLN yang
berbeda (berbeda Ranting-Rayon / berbeda Cabang / berbeda Wilayah)?
Saat ini : Pembelian Stroom dapat
dilakukan di Kantor Pelayanan PLN (Kantor Ranting/ Rayon) mana saja.
Akan datang : Pembelian dapat
dilakukan dimana saja seluruh Indonesia via bank/ATM yang bekerjasama dengan
PLN (PPOB).
Dapatkah saya menjadi agen penjual Token Stroom seperti agen-
voucher telepon?
Untuk
saat ini belum dapat dilakukan.
Kedepannya
dapat dilakukan dengan menjadi downline bank yang bekerjasama dengan PLN
(PPOB)
Bagaimana bila Token Stroom yang baru dibeli hilang ?
Jangan
khawatir, Pelanggan yang kehilangan struk Stroom dan lupa 20 digit angka tetap
bisa mendapatkan haknya dengan menghubungi kembali kantor PLN dengan
menyebutkan ID Meter pelanggan.
Apakah ada tanggal kadaluarsa untuk Token Stroom yang
dibeli ?
Tidak
ada tanggal kadaluarsa bagi Stroom yang dibeli.
Apakah Token Stroom dapat diisikan pada KWH Meter berbeda ?
Tidak.
Token Stroom hanya dapat diisikan pada KWH meter sesuai dengan ID Meter yang
disebutkan pada saat pembelian, sehingga tidak dapat digunakan di KWH
Meter lain.
Apa batasan hak/kewajiban pelanggan terhadap Alat Pengukur dan
Pembatas /APP (KWH Meter+ MCB) ?
Yang
menjadi batas hak & kewajiban PLN adalah mulai dari instalasi jaringan
listrik sebelum APP (kWh meter) sampai APP (kWh Meter). Untuk instalasi setelah
APP (kWh meter) menjadi tanggung jawab pelanggan.
Bagaimana bila Stroom yang ada belum habis kemudian diisi dengan
token Stroom baru?
Akan
diakumulasi. Nilai Stroom (KWH) lama tidak akan hilang melainkan bertambah.
Bagaimana cara mengisi token stroom?
Masukkan
20 digit angka yang terdapat dalam Struk Token Stroom. Dibaca dari kiri ke
kanan sesuai barisnya.
Dengan tidak adanya lagi petugas cater, bagaimana pihak PLN
mengetahui adanya pencurian listrik di sisi pelanggan?
Setiap
transaksi pembelian oleh pelanggan akan tercatat di Sistem PLN dan akan
dilakukan analisa pelanggan. Selain itu akan tetap ada pengecekan rutin oleh
tim lapangan untuk memastikan kWh Meter beroperasi degan baik.
Bila ada masalah LPB, kemana saya harus melapor?
Bisa
melalui Call Center PLN tlp. 123 atau kantor pelayanan PLN setempat, 7 x 24 jam
seminggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar